wordpress-logo-stacked-rgb.png

WordPress adalah salah satu media paling populer untuk membuat website, apakah itu berupa blog pribadi, situs perusahaan (company profile), situs edukasi, bahkan situs penjualan (e-commerce/online shop). Tetapi, apa sebenarnya wordpress itu?

WordPress pertama kali hadir di tahun 2003 sebagai pengembangan dari aplikasi blog b2/cafelogoleh Matt Mullenweg dan Mike Little. Pada awalnya wordpress berfokus pada media blog pribadi, dimana konten web diurutkan berdasarkan kronologis. Namun dalam perkembangannya, wordpress berubah dari sekedar blogging platform (hanya untuk membuat blog), menjadi aplikasi CMS yang bisa digunakan untuk membuat website duluar blog, seperti online shop, corporate website, situs edukasi, dll.

Saat ini WordPress termasuk kedalam kelompok aplikasi yang disebut dengan Content Management System (CMS). CMS adalah suatu sistem untuk men-publish, mengedit, memodifikasi, menghapus, dan mengorganisasi konten secara terpusat. Dalam hal ini, konten yang dimaksud adalah artikel yang akan menjadi isi dari website.

Kebanyakan orang tidak memiliki waktu untuk mempelajari kode pemrograman web tersebut. Belum lagi dengan kompleksitas yang diperlukan untuk mengorganisasi ratusan artikel yang nantinya ada di dalam website.

Dikarenakan hal ini, beberapa programmer web mulai membuat aplikasi siap pakai yang ditujukan agar siapapun bisa membuat website tanpa harus mengerti kode-kode program. Kita hanya tinggal men-klik menu-menu tertentu, dan sebuah website dengan tampilan modern siap di publish ke internet.

Mengapa harus WordPress?

Dari sekian banyak CMS, kenapa harus menggunakan wordpress? Jawaban paling mudah adalah: wordpress merupakan CMS paling populer dan paling banyak digunakan saat ini.

Menurut situs http://w3techs.com, dan https://wappalyzer.com, hingga bulan November 2014, dari sekian banyak website yang menggunakan CMS, lebih dari 60%-nya menggunakan wordpress. Market share lengkapnya bisa anda lihat dari grafik dibawah ini:

Market-Share-CMS-Wordpress-Novermber-2014

WordPress sudah ada sejak tahun 2003 dan telah memasuki versi ke-4, sehingga sudah relatif lebih ‘matang’ dari segi pengalaman. Ribuan plugin yang bisa didapat dengan mudah merupakan fitur paling menarik dari wordpress. Banyak programmer web telah mengenal wordpress, sehingga jika kita ingin bertanya tentang sesuatu, relatif mudah di cari penyelesaiannya.

Cara Mendownload WordPress

Karena saya akan mengakses wordpress di komputer lokal, maka kita perlu menggunakan 2 buah aplikasi, yakni file wordpress, dan aplikasi web server+PHP+MySQL seperti XAMPP. Untuk cara menggunakan XAMPP, akan saya bahas pada tutorial selanjutnya.

Untuk mendapatkan file wordpress, silahkan kunjungi situs www.wordpress.org. Pada halaman awal ini terdapat 2 buah tombol download, yakni di bagian kanan atas, dan bagian tengah website. Silahkan klik salah satunya. Dalam contoh ini saya akan menggunakan tombol: Download WordPress 4.0. Silahkan klik tombol ini, dan anda akan dibawa ke halaman: https://wordpress.org/download/.

Picture1

Selanjutnya, pada halaman download, silahkan klik tombol Download WordPress 4.10pada bagian kanan halaman. Web browser kemudian akan mendownload file wordpress-4.0.zip. Save lah file ini dikomputer anda. Ukuran wordpress 4.0 sekitar 6,4 MB.

File wordpress-4.0.zip ini adalah kumpulan dari ratusan halaman PHP dalam bentuk zip. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menempatkan file ini ke dalam web server yang mendukung PHP dan MySQL. Jika anda menggunakan web hosting, aplikasi ini sudah langsung tersedia. Akan tetapi karena kita ingin menjalankannya di komputer lokal secara offline kita memerlukan aplikasi khusus seperti XAMPP atau WAMP.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s