ai

Artificial Intelligence atau AI adalah kemampuan dari sebuah komputer untuk berfikir seperti manusia bahkan lebih baik dibandingkan manusia . Dalam bahasa Indonesia Artificial Inteligence atau AI artinya Kecerdasan Buatan , biasanya sebuah sistem AI memiliki kemampuan untuk memperoleh informasi baru yang akan dikumpulkan agar sistem AI menjadi lebih cerdas lagi .

Artificial Intelligence biasanya berbentuk mesin atau software , tujuan dari AI ini adalah untuk menggantikan peran manusia agar sebuah pekerjaan atau pemecahan suatu masalah dapat lebih mudah dan efisien .

 Kecerdasan Buatan dipastikan akan merubah masa depan kehidupan manusia dimuka bumi , oleh karena itu kalian wajib tahu “Apa itu Artificial Intelligence atau AI ?”

Sejarah Artificial Intelligence Dunia

Sebelum memulai pembahasan mendalam tentang Kecerdasan Buatan ini , mari kita kenali dulu sejarahnya . AI sebenarnya muncul dan mulai diyakini keberadaannya pertama kali pada kisah mitologi Yunani dan peradaban Mesir Kuno .

Namun sistem kecerdasan buatan ini mulai efektif di era 1950 an , dengan dimulainya pengembangan komputer elektronik pada tahun 1941 dan pengembangan stored program pada tahun 1949 maka muncul dorongan untuk mempelajari AI lebih jauh .

Pada tahun 1951 , untuk pertama kalinya terciptalah sebuah sistem kecerdasan buatan yang benar-benar bekerja , dengan menggunakan komputer Ferranti Mark 1 , Christopher Strachey dan Dietrich Prinz berhasil membuat sebuah permainan catur melawan komputer .

Jika kalian bertanya , siapakah pencetus Artificial Intelligence , maka jawabannya adalah John McCarthy yang disebut sebagai bapak artificial intelligence dunia karena pada tahun 1956 untuk pertama kalinya kata ” artificial intelligence ” dikenalkan pada Dartmouth Conference .

Sekian sedikit gambaran tentang sejarah Kecerdasan Buatannya , dan mari kita simak langsung inti dari artikel ini seperti contoh – contoh sistem AI sampai penggunaan AI pada jaman sekarang :

6 Hal Yang Perlu Diketahui Mengenai Artificial Intelligence :

1 . Artificial Intelligence berkembang lebih cepat dari yang bisa kita bayangkan

ai1

Perlu kalian pahami sebelumnya bahwa semua hal tentang dunia teknologi memang berkembang dengan sangat pesat termasuk Kecerdasan Buatan .

Tidak bisa dipungkiri , dunia teknologi mulai memperlihatkan perkembanggannya mulai pada tahun 2000 hingga 2014 , 14 tahun adalah waktu yang sangat cepat jika melihat beberapa Gadget Yang Dulu Pernah Populer Dan Booming di tahun 2000an dan sekarang mulai punah tergerus jaman .

Jika menurut kalian 14 tahun belum cukup cepat untuk membuktikan bahwa teknologi sedang berkembang pesat , maka tunggu saja pada tahun 2021 karena pada tahun 2021 akan ada ledakan teknologi baru yang tidak pernah kalian bayangkan sebelumnya , termasuk teknologi kecerdasan buatan .

2 . Saat ini ada beberapa sistem Artificial Intelligence yang kita gunakan sehari-hari

ai2

Coba kalian ingat-ingat , apakah kalian hari ini menggunakan teknologi kecerdasan buatan ? Tahu kah kalian bahwa Google Search juga termasuk kedalam sistem AI ? Pernahkah kalian menggunakan aplikasi Google Now di Android ? atau Siri di smartphone iPhone ? semua itu adalah Artificial Intelligence , semua aplikasi tersebut bisa kita perintah untuk melakukan sebuah proses dengan sangat pintar , Google Search dengan search terms suggestion nya dan Google Now & Siri dengan penerimaan proses lewat suara .

Cukup aneh memang ketika kita tidak mengetahui jenis aplikasi apa yang sedang kita gunakan sehari-hari , hal ini sudah diramalkan oleh John McCarthy pada tahun 1956 yang mengatakan bahwa “As soon as it works, no-one calls it AI anymore” – “Setelah sistem AI Bekerja , tidak akan ada yang menyebutnya AI

3 . Robot canggih bermunculan dan manusia pasti akan tersaingi

ai3

Menurut professor Moshe Vardi dari Rice University , robot akan mengambil alih pekerjaan manusia dalam waktu 30 tahun kedepan , pengangguran akan meningkat hingga 50% . Meskipun terdengar mengerikan , tidak semua pekerjaan akan bisa diselesaikan oleh Robot .

Robot biasanya akan mengerjakan jenis pekerjaan yang berat dan membutuhkan ketelitian dalam siklus yang terus berulang , kebanyakan pabrik dinegara maju seperti Jepang , Negara-negara lain di Eropa & Amerika sudah mulai mempercayakan proses produksi kepada robot .

Robot yang telah diprogram akan mampu mengerjakan suatu pekerjaan yang sama secara terus menerus , tanpa minta naik gaji dan merasa lelah .

4 . Sebagian besar ilmuan AI percaya bahwa pada tahun 2040 , robot akan lebih pintar dibanding manusia

ai4

Pada tahun 2013 , sebuah survey dilakukan pada beberapa expert di bidang kecerdasan buatan mengenai kemungkinan ini , dan jawabannya bervariasi namun jika dirata-ratakan maka kemungkinan besar pada tahun 2040 robot akan memiliki kepintaran yang jauh lebih hebat dibanding manusia .

Ini artinya hanya 24 tahun lagi , tidak terbayang bagaimana jadinya ketika sebuah komputer yang dulu kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari nanti akan jauh lebih hebat daripada penggunanya .

5 . AI berbahaya untuk kelangsungan hidup manusia

ai5

Ilmuan seperti Stephen Hawking dan Elon Musk percaya , bahwa jika AI terus dikembangkan dengan tujuan agar memiliki kecerdasan yang setara bahkan lebih dari yang dimiliki manusia , maka hal ini akan berdampak buruk bagi kelangsungan hidup manusai di muka bumi .

Stephen Hawking dan Elon Musk takut jika terjadi kesalahan pada sistem AI , hal ini bisa berbahaya dan bersifat merusak . Mereka berpendapat bahwa pengembangan sistem kecerdasan buatan harus diberi batasan-batasan tertentu , agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan .

6 . Ketika AI lebih pintar dari manusia , kita akan merasa kesulitan untuk memahami AI

ai6

Begini gambarannya , kita terkadang merasa sulit memahami perkataan dari seorang ilmuan yang berbicara di TV , atau kita juga sering tidak paham dengan sebuah teori yang dikatakan oleh seorang ilmuan sekelas Stephen Hawking .

Bayangkan jika nanti ada sistem AI yang memiliki kepintaran yang lebih tinggi dari manusia manapun dimuka bumi ini , apakah manusia bisa memahaminya ?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s