cr1

Google memang serba tahu. Layanan mesin pencari ini menjadi popular karena mampu menyajikan banyak hasil pencarian dengan cepat. Dari mulai alamat, nilai tukar mata uang, bahkan hingga beragam file yang kamu perlukan pun tersedia di Google.

Kamu pengguna setia Google? Pasti tahu kalo saking banyaknya hasil pencarian Google, tidak jarang hasil pencariannya kurang sesuai kebutuhan kamu. Untuk itu, JalanTikus coba memberikan cara melakukan pencarian cepat di Google.

Cara Cepat Cari File di Google

Saat mencari file di Google, jika tidak sesuai keyword-nya hanya akan membuat kamu berputar-putar. Cara cari file di Google ini terdiri dari beberapa macam mode, gunakan saja sesuai kebutuhan kamu.

1. Mode Pasrah

Mode pasrah ini bisa kamu gunakan untuk mencari file dengan cepat di Google saat lagi males ngetik panjang. Yakni cukup mengetikan Nama File(dot)ekstensi atau Nama File(spasi)ekstensi, misal: Tutorial.pdf atau Tutorial pdf.

cr2

Ada pun ekstensi file yang bisa kamu jadikan acuan untuk mencari file yang sesuai kebutuhan kamu adalah Adobe Portable Document Format (pdf), Microsoft Excel (xls), Microsoft PowerPoint (ppt), Microsoft Word (doc), Microsoft Works (wks, wps, wdb), Rich Text Format (rtf), Text (ans, txt), dan yang lainnya seperti mp3, mkv, dan apk. Cara ini mungkin biasa kamu gunakan sehari-hari, tapi sayangnya hasilnya kadang tidak relevan. Karena bisa jadi kamu dibawa berputar-putar ke web yang hanya berniat mencari visitor saja.

2. Mode Pro

Cera melakukan pencarian cepat di Google ini akan mengharuskan kamu mengetik sedikit lebih panjang, tapi semuanya terbayar dengan hasil pencarian yang lebih cepat dan relevan. Beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk mencari file di Google dengan mode ini adalah:

  • intext:NamaFile ext:Extensi

Dengan cara ini, semua pencarian kamu akan dilarikan kepada halaman yang terdiri dari pencarian dengan teks yang sesuai dengan nama file dan ekstensi yang tepat. Misalnya, intext:Tutorial ext:pdf.

cr3

  • inurl:NamaFile ext:Extensi

Dengan menggunakan string inurl, maka pencarian akan dibatasi pada url yang mengandung nama file dan juga memiliki file dengan ekstensi yang tepat. Dengan menggunakan string ini, kamu akan semakin cepat mendapatkan file yang kamu butuhkan. Contoh hasil pencariannya: http://www.jalantikus.com/tutorial/apa-saja-ada.pdf dan lainnya.cr4

Catatan: Jika menggunakan keyword nama file yang lebih dari satu kata, bisa menggunakan tanda lain sebagai bantuan. Misalnya tutorial-masak, tutorial_masak, atau “tutorial makan”.

Tambahan: Kamu juga bisa mencari sebuah web dengan string related:url. String atau operator ini digunakan untuk mecari web yang isinya mirip dengan url tertentu.

cr5

3. Trik Pencarian Cepat di Google Lainnya

Di atas tadi adalah cara melakukan pencarian file secara cepat di Google. Namun selain file, kamu bisa juga mencari informasi di Google dengan cepat menggunakan string keyword khusus berikut:

String Operator Fungsi
keyword OR keyword Operator ini akan mempercepat pencarian di Goole jika kamu menggunakan dua keyword yang saling berkaitan, misal Kucing|Harimau
“keyword” Jika ingin pencarianmu terbatas pada keyword yang dikehendaki saja, gunakan tanda kutip di antara keyword pencariannya, misal “Tips Android”
keyword~keyword Operator pencarian cepat di Google untuk menemukan hasil pencarian yang serupa, misal Tikus ~ Curut
keyword * keyword Pernah dnegar lagu tapi hanya ingat sebagian liriknya? Jika iya, gunakan operator ini saja.
Misal, ingatkan aku * embun pagi lirik
kalkulator Gunakan simbol +, -, *, / dan ( ) untuk menggunakan layanan kalkulator di Google
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s