ad1

Pada dasarnya, smartphone Android yang biasa kalian gunakan terdiri atas berbagai komponen hardware yang saling bekerja untuk menunjang aktivitas penggunanya. Di antara komponen-komponen tersebut, beberapa komponene seperti prosesor, RAM dan memori internal memainkan peran yang sangat penting. Ketika berkaitan dengan spesifikasi, para pengguna akan lebih mengutamakan ketiga aspek ini, khususnya prosesor.

Namun, sebagian orang tidak menyadari kalau sebenarnya selain tingkat frekuensi prosesor, terdapat aspek lain yang dapat mempengaruhi kinerja smartphone Android yaitu jumlah bit yang dimiliki oleh smartphone Android itu sendiri, yaitu 32 bit dan 64 bit. Lalu apa sih perbedaannya?

Perbedaan Smartphone Android 32 Bit dan 64 Bit

Nah, pasti sebagian di antara kalian bertanya-tanya apa sih yang dimaksud dengan jumlah bit yang ada pada smartphone Android? Apa bedanya smartphone Android dengan jumlah bit sebanyak 32 bit dan 64 bit? Baiklah, kalau kamu mau tahu, simak baik-baik penjelasan dari Jaka tentang smartphone Android 32 bit dan 64 bit serta perbedaannya.

1. Penjelasan Singkat Tentang Bit Pada Prosesor Smartphone Android

Secara teknis, bit merupakan sistem digit angka biner dengan basis 1 dan 0 yang digunakan sebagai satuan paling kecil dalam menyimpan data atau informasi digital. Sebuah bit hanya dapat disimpan oleh perangkat digital saja, seperti prosesor smartphone Android. Banyaknya bit yang dimiliki atau tersimpan di dalam prosesor menggambarkan seberapa besar kapasitas yang dimiliki oleh registry prosesor tersebut.

ad2

Apa itu registry? Registry merupakan semacam tempat penyimpanan data yang terdapat pada prosesor smartphone Android kalian dan digunakan untuk menyimpan informasi. Jadi, pada dasarnya jumlah bit pada prosesor sangat memengaruhi kemampuan smartphone Android kalian dalam memproses dan menyimpan data.

2. Perbedaan Smartphone Android 32 Bit dan 64 Bit

  • Sisi Prosesor

Seperti yang sudah Jaka jelaskan pada poin pertama, registry digunakan oleh prosesor untuk menyimpan data. Semakin banyak ruang untuk menyimpan data, maka semakin banyak pula data yang bisa kalian simpan dan semakin lancar pula arus data berjalan. Seperti itulah cara kerja registry prosesor di smartphone Android kalian.

ad3

Prosesor smartphone Android 32 bit dapat menyimpan data sekitar 4 miliar data, sementara prosesor smartphone Android 64 bit dapat menyimpan data sebanyak 18 miliar miliar. Dengan kata lain, smartphone Android 64 bit itu dapat menyimpan data jauh lebih banyak data dibandingkan dengan smartphone Android 32 bit.

Eh, tunggu, 18 miliar miliar? Salah tuliskah? Tentu tidak, karena memang prosesor 64 bit itu kapasitas penyimpanannya terpaut amat jauh dibandingkan prosesor 32 bit. Sementara untuk masalah kecepatan proses data, smartphone Android 64 bit dapat memproses data dengan lebih cepat karena dapat memproses nilai komputasi dalam sekali proses dengan lebih banyak dibandingkan dengan smartphone Android 32 bit.

ad4

Contohnya, apabila prosesor smartphone Android kalian akan memproses nilai komputasi sebanyak 256, dengan menggunakan smartphone Android 32 bit, prosesor memerlukan 8 kali putaran proses untuk menyelesaikan nilai komputasi 256. Sementara smartphone Android 64 bit hanya memerlukan 4 kali putaranproses saja.

  • Sisi RAM dan Aplikasi Android

Jika membahas hubungan nilai bit 32 dan nilai bit 64 terhadap RAM pada smartphone kalian, jawaban yang paling pertama adalah smartphone Android 64 bit dapat menggunakan RAM yang lebih besar dibandingkan smartphone Android 32 bit. Ketika kalian menggunakan aplikasi-aplikasi Android dari Play Store maupun aplikasi Android dari luar Play Store, tentunya aplikasi-aplikasi tersebut akan memerlukan kinerja RAM juga. Nah, di sinilah nilai 32 bit dan 64 bit tadi berpengaruh.

ad5

Jika kalian memiliki smartphone Android 32 bit, maka aplikasi tersebut hanya bisa memanfaatkan RAM sebanyak maksimal 4 GB, sementara untuk smartphone Android 64 bit dapat memanfaatkan maksimal RAM sebanyak 8 GB. Tentunya, semakin banyak kapasitas RAM yang bisa digunakan, maka kemampuan smartphone Android kalian juga akan meningkat. Contohnya, ketika kalian sedang bermain game Android, kapasitas RAM akan sangat memengaruhi peforma game tersebut.

ad6

Mungkin sebagian di antara kalian akan mengatakan kalau smartphone Android sekarang pun belum ada yang mencapai RAM 8 GB? Okelah, tapi ingat, teknologi selalu berkembang dan tidak menutup kemungkinan 5 tahun ke depan hal tersebut bisa terjadi. Bahkan, mungkin saja kita sudah bisa melakukan penambahan RAM Android dengan mudah.

Tidak hanya itu saja, bagaimana jika nantinya syarat untuk aplikasi-aplikasi Android di Play Store dan dari luar Play Store membutuhkan RAM yang besar? Yah, mungkin 5-10 tahun lagi. Yang pasti dari sisi RAM dan kinerja Android secara keseluruhan, tidak bisa dipungkiri kalau smartphone Android 64 bit itu jauh lebih baik.

3. Cara Mengetahui Smartphone Android 32 Bit Atau 64 Bit

Setelah mengetahui perbedaan smartphone Android 32 bit dan 64 bit, pastinya yang perlu kalian lakukan selanjutnya adalah mengecek apakah smartphone Android kalian tergolong jenis 32 bit atau 64 bit. Nah, untuk mengetahui hal tersebut, Jaka punya nih aplikasi yang bisa mengecek apakah smarthpone kalian tergolong jenis 32 bit atau 64 bit. Nama aplikasi ini adalah AnTuTu Benchmark.

  • Pertama-tama, kalian harus download dulu aplikasi AnTuTu Benchmark di bawah ini dan langsung instal di smartphone Android kalian.

ad7

  • Setelah selesai instal, buka aplikasi tersebut dan untuk melihat apakah smartphone Android kalian 32 bit atau 64 bit, langsung saja arahkan ke bagian pemberitahuan.
  • Pada bagian ini, kalian bisa melihat informasi jenis smartphone Android kalian, apakah termasuk 32 bit atau 64 bit. Tidak hanya itu saja, kalian juga bisa melihat model prosesor yang tertanam di smartphone kalian beserta frekuensi prosesor kalian.

ad8

Nah, itulah pengertian dan perbedaan antara smartphone Android 32 bit dan 64 bit. Jadi, kalian lebih pilih mana nih? Silakan share

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s